Depresi—Bantuan Bagi Anggota Keluarga untuk Mencegah dan Mengatasi Bunuh Diri!

Dapatkah Anda menghambat terjadinya bunuh diri? Bagaimana kecuali Anda tidak sempat menghambat orang yang hendak bunuh diri? Ya, informasi tersebut dapat menjadi mendukung Anda sebelum akan kejadian tersebut amat terjadi! Ingatlah bahwa Anda dapat menanggulangi perihal ini kecuali Anda dapat tenang dan mengendalikan suasana bersama baik, untuk lebih tahu simaklah info ini!

more : toko hajar jahanam

Bagaimana Caranya Mencegah Bunuh Diri?

 

Ketahuilah bahwa orang yang hendak bunuh diri umumnya ditandai bersama kurangnya komunikasi dan kecenderungan untuk menyendiri. Sewaktu memandang tanda-tanda tersebut, janganlah mengabaikannya. Ada baiknya untuk mendekati mereka perlahan-lahan, buatlah mereka merasa nyaman dan safe waktu berada di samping mereka. Pastikan tidak tersedia benda-benda yang dapat mencelakakan Anda atau orang tersebut.

 

Setelah itu, jadilah seorang teman akrab yang senang mendengarkan mereka. Ingatlah bahwa tiap-tiap luapan emosi atau perasaan yang mereka utarakan, juga kepedihan hati maupun keputusasaan, amat mereka rasakan. Hindari kalimat ‘ah, itu perasaan kamu saja!’—dengan menyatakan perihal tersebut sebenarnya Anda tidak amat memberi tambahan perhatian yang dibutuhkannya.

 

Jangan pernah melewatkan kalimat ‘saya senang mati saja’ atau ‘lebih baik aku hilang dari dunia ini’ yang dilontarkan oleh orang itu. Bantu dia untuk memandang sisi positif di dalam dirinya dan perubahan-perubahan baik yang terjadi terhadap kehidupannya. Ada baiknya supaya Anda tidak memberi tambahan komentar yang menyudutkan atau seolah dia-lah penyebab kasus yang timbul. Jika Anda menjadi pendengar yang baik tentu ia dapat lebih terbuka dan usaha bunuh diri dapat dicegah.

 

Ingatkanlah dia apa yang dapat terjadi terhadap orang-orang yang mengasihinya atau bagaimana perasaan mereka kecuali ia bunuh diri. Namun, adakalanya Anda butuh layanan medis darurat kecuali suasana amat kronis dan tidak dapat dikendalikan, atau orang ini berpotensi membahayakan jiwa.

 

Bagaimana Caranya Keluarga Dapat Mengatasi Perasaan Kehilangan?

 

Adakalanya Anda tidak berada di tempat kejadian manakala orang yang dikasi memastikan untuk mengakhiri kehidupan mereka. Hal ini tentu mengundang luka emosi yang memadai dalam, perasaan bersalah, kekecewaan, penyesalan, dan amarah dapat bercampur menjadi satu. Beberapa orang yang merasa dekat bersama korban dapat amat menderita secara mental.

 

Adapula yang menyalahkan diri mereka sendiri, dikarenakan tidak meluangkan banyak waktu untuk selesaikan kasus yang timbul. Anggota keluarga lainnya dapat menjadi keheranan, dikarenakan tidak tahu apa yang sebenarnya dirasakan korban. Namun, apakah perasaan menyalahkan diri sendiri atau orang lain adalah perihal yang dapat mengembalikan kehidupan orang tersebut?

 

Sadarilah bahwa Anda tidak tetap dapat tahu asumsi dan perasaan mereka, terlebih kecuali mereka tidak membicarakan masalahnya bersama Anda. Merasa sedih itu wajar, tapi kecuali ini terus menerus tentu dapat memengaruhi kebugaran Anda. Tetaplah beraktivitas dan lakukan perihal yang positif, jadikan kenangan bersama korban menjadi suatu penghiburan bagi Anda. Jika timbul rasa rindu, cobalah untuk menghubungi bagian keluarga lainnya atau teman akrab untuk berbagi cerita.