Gejala-Gejala Batu Ginjal

Batu ginjal terjadi karena tersedia endapan keras di ginjal yang berwujud layaknya batu kristal yang terbentuk sehingga menahan saluran ginjal dan saluran urin. Endapan tersebut dapat terbentuk berasal dari kalsium, fosfat, asam urat, ataupun perpaduan berasal dari ketiga komponen tersebut. Apa saja gejala batu ginjal? Artikel ini akan membicarakan beberapa gejala yang sering dialami oleh penderitanya. kunjungi : tempat jual hajar jahanam

Sayangnya, gejala batu ginjal tidak enteng didekteksi seumpama tetap baru terbentuk. Sering kali batu ginjal baru merasa dirasakan gejalanya sehabis endapannya merasa bergerak dan menghalangi saluran urin.

Pada saat itulah, gejala-gejala batu ginjal tersebut kebanyakan merasa muncul, yakni:

Nyeri yang menusuk di kurang lebih punggung bawah dan anggota samping atau bawah perut. Rasa sakitnya dapat berganti menuju tempat pangkal paha atau testis.

Sulit mendapatkan posisi tubuh yang nyaman. Seorang penderita batu ginjal kebanyakan sering mondar-mandir atau tidak dapat diam saat duduk.

Merasa mual dan muntah yang disertai nyeri di panggul.

Terlihat campuran darah di urin.

Berulang-ulang merasa dambakan buang air kecil.

Adakalanya batu ginjal yang sedemikian rupa dapat mengakibatkan infeksi di kurang lebih lokasi tempatnya tersumbat. Jika terjadi infeksi, maka boleh jadi Anda merasakan gejala-gejala batu ginjal tambahan, seumpama demam atau meriang, rasa nyeri luar biasa saat buang air kecil, dan urin yang berbau tidak sedap atau berwarna gelap.

Mendeteksi Gejala Batu Ginjal lewat Diagnosa

Karena beberapa gejala batu ginjal dapat terhitung jadi indikasi berasal dari gangguan urin lain, maka saat Anda memeriksakan diri, dokter bisa saja akan menegaskan terlebih dahulu apakah Anda amat mempunyai batu ginjal lewat pengecekan urin dan darah. Tes radiologi terhitung bisa saja digunakan untuk memeriksa ginjal dan sistem pembuangan urin, yaitu mencakup:

CT scan

Intravena pyelogram (IVP)

Pemeriksaan ultrasound atau USG

Pemeriksaan sinar X yang disebut “KUB” untuk Kidney-Ureter-Bladder (Ginjal-Ureter-Kandung Kemih)

Apabila Anda sudah merasakan beberapa gejala batu ginjal yang disebutkan di atas, sebaiknya segeralah memeriksakan diri ke dokter. Dengan begitu, ia dapat membantu Anda untuk mengeluarkan batu ginjal. Jika batu ginjalnya sudah berukuran besar, dokter kebanyakan akan meresepkan obat atau menyarankan metode pengobatan tertentu yang sesuai suasana Anda.